Pengumuman langsung: perang Rusia di Ukraina

Sebuah layar menunjukkan Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidato saat tentara berbaris di Lapangan Merah selama parade militer Hari Kemenangan di Moskow pada 9 Mei. (Grill Kudryavtsev / AFP / Getty Images

Dua wartawan Rusia muncul pada hari Senin untuk menerbitkan setidaknya 30 artikel di situs pro-berita Kremlin lenta.ru yang mengkritik invasi Presiden Rusia Vladimir Putin ke Ukraina dan penindasan terhadap para kritikus.

CNN meninjau artikel – yang segera dihapus – beberapa menandai peringatan 77 tahun kekalahan Uni Soviet atas Nazi Jerman, sementara yang lain mengkritik penggunaan pemimpin Rusia. Hari kemenangan Untuk membenarkan serangan berdarahnya di Ukraina.

Reporter Igor Palyakov dan Alexandra Miroshnikova membuat sejumlah klaim dalam artikel mereka, termasuk bahwa pejabat keamanan Rusia “berbohong kepada kerabat” tentang mereka yang tewas dalam tenggelamnya angkatan laut Rusia. Pratama Angkatan Laut Laut Hitam Moskow Dan menuduh Putin memprakarsai salah satu “perang berdarah abad ke-21.”

“Putin dan lingkarannya berisiko menghadapi pengadilan setelah perang,” kata Balikov dan Miroshnikova kepada lenta.ru. “Putin dan sekutunya tidak bisa membenarkan diri mereka sendiri atau melarikan diri setelah kalah perang ini.”

Baik Balyakov dan Miroshnikova adalah editor bisnis di situs berita Rusia yang didukung Kremlin, lenta.ru. Perusahaan induk toko baru saja dibeli Sberbank Rusia, Tunduk pada sanksi AS untuk pendudukan Rusia di Ukraina.

CNN menghubungi dua wartawan dan lenta.ru untuk memberikan komentar, tetapi tidak segera menanggapi.

Parlemen Rusia Mengesahkan undang-undang pada awal Maret Untuk menuduh Ukraina berbohong tentang perang Rusia. Pelanggaran hukum itu membawa denda 1,5 juta rubel (sekitar $ 21,467) atau hingga 15 tahun penjara. Putin dan media milik negara masih menyebut perang darat skala penuh di Ukraina sebagai “operasi khusus”.

Situs berita independen Rusia Mediazone Diterbitkan Itu dinyatakan dalam pernyataan Palyakov dan Miroshnikova setelah publikasi artikel.

“Putin adalah seorang diktator paranoid,” kata mereka mengutip perkataannya. “Putin harus pergi. Dia memulai perang yang tidak berarti dan membawa Rusia ke jurang.

Polyakov dan Miroshnikova tidak hanya secara terbuka menolak posisi pemerintah dalam invasi, tetapi juga menuduh Putin berbohong tentang niatnya di Ukraina sejak awal.

Putin berulang kali berbohong tentang rencananya untuk Rusia di Ukraina, pertama menyebutkan tujuan, dan kemudian sama sekali berbeda.

Mereka menunjuk pada seruan Putin untuk “pembebasan Donbass,” “de-nacification,” dan “militerisasi Ukraina,” yang mereka gabungkan dengan tergesa-gesa untuk membenarkan pembenaran untuk perang yang tidak perlu.

Salah satu artikel dalam seri Hari Kemenangan duo ini berfokus pada deskripsi mereka tentang militer Rusia yang berbohong kepada keluarga pelaut yang tewas di bawah bendera Moskow. CNN sebelumnya melaporkan Orang tua Rusia dengan bersemangat mencari informasi tentang keberadaan pelaut di atas kapal karam oleh dua rudal Ukraina Tenggelam bulan lalu.

Artikel tersebut menunjukkan bahwa angkatan laut Rusia mungkin telah mencetak ulang gambar lama awak Moskow, mengklaim bahwa lebih banyak pelaut yang meninggalkan kapal tanpa cedera daripada yang sebenarnya.

“Itu mungkin arsip video pimpinan dan anggota awak Angkatan Laut Laut Hitam yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan setelah tragedi itu karena kerabat dari anggota awak yang hilang benar-benar mengidentifikasi dia di video.”

CNN tidak dapat secara independen mengkonfirmasi klaim ini.

Setiap artikel di lenta.ru dimulai dengan permintaan mendesak yang sama di bawah judul.

Penafian: Item ini belum disetujui oleh pemerintah, sehingga Administrasi Kepresidenan akan menghapusnya … Dengan kata lain: Segera ambil tangkapan layar.

Keduanya menandatangani dari lenta.ru, “Kami mencari pekerjaan, pengacara, dan suaka politik!”

“Jangan takut, jangan diam,” lanjut mereka dalam ajakan bertindak terbuka. “Lawan! Kamu bukan satu, kamu banyak! Masa depan adalah milikmu! … Damai untuk Ukraina!”

Kritik terhadap pemerintah jarang terjadi di media Rusia – terutama sejak perang di Ukraina dimulai pada Februari. Ketika dia menjadi editor televisi Rusia untuk waktu yang lama, dia adalah acara surat kabar besar terakhir yang mengungkapkan perbedaan pendapat dari media pemerintah. Marina Ovsyanikova Tanda anti-perang diidentifikasi selama siaran langsung di Channel 1 Rusia pada bulan Maret. Dia ditangkap dan didenda 30.000 rubel.

Ovsyannikova sekarang melaporkan untuk kantor berita milik Jerman dari Rusia dan Ukraina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.